Berita

Dinas Kesehatan Berikan Manasik bagi Jamaah Haji Kabupaten Solok

Jumat, 12 Mei 2023 09:53 WIB
  • Share this on:

Koto Baru, Humas - Dinas Kesehatan dilibatkan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Solok untuk membekali jamaah melalui bimbingan manasik haji tahun 2023.

Bertempat di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kabupaten Solok dua narasumber dari Dinas Kesehatan memberikan pembekalan pada jamaah terkait perjalanan ibadah haji nanti. Keduanya adalah dr. Meri Anwar dan NS. Mike Rismayanti, S.Kep, Mars.

Materi dari Dinas kesehatan ini masih berkaitan dengan kegiatan sebelumnya yakni pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran. Sedangkan materi di aula Hubbul Wathan adalah menyampaikan pada jamaah untuk mempersiapkan diri terkait penyakit bawaan dan antisipasinya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Sesmadewita menyam;paikan bahwa manasik ini merupakan bagian dari sepuluh kali manasik yang diberikan Kemenag sebelum jamaah berangkat menuju tanah suci.

"Sebagaimana motto layanan haji tahun ini, Haji Ramah Lansia, maka Kementerian Agama juga mempersiapkan lebih detail terkait keperluan lansia termasuk kesehatan, untuk itu kita datangkan narasumber dari instansi terkait," ujar Kakan Kemenag.

Disampaikan, pada pelaksanaan haji sebelumnya kesehatan juga salah satu unsur prioritas, namun dengan banyaknya jamaah lansia tahun ini, perhatian bagi kesehatan Lansia lebih ditingkatkan.

Materinya selain tentang menjaga kesehatan dan penyesuaian suhu udara di tanah suci juga antisipasi terhadap penyakit bawaan yang ada pada jamaah, sehingga jamaah bisa mempersiapkan antisipasi dengan membawa obat yang biasa dipakai serta berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang ada pada setiap kloter nantinya.

H. Zulkifli menyebutkan, jamaah haji Kabupaten Solok akan tergabung dalam kloter 14 Embarkasi Padang, dijadwalkan masuk asrama pada hari Minggu tanggal 18 Juni 2023 dan terbang menuju Jeddah pada Senin 19 Juni 2023 pukul 00.25 WIB. Fendi

Editor:
Zulhafendi, SE

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB